Membuat Blog Plan Harian dan Tahunan, Ini Manfaatnya!

Halo, teman-teman. postingan kali ini masih seputar kelas BRT Network. Kali ini Saya belajar tentang cara membuat blog plan. Jadi, ini saatnya Saya membuat rencana tahunan 2022 mendatang dan juga blog plan harian.

Membuat Blog Plan, Siapa Takut?

Buat Jadwal Postingan Blog sesuai Kategori Blog

Blog plan itu sendiri merupakan sebuah perencanaan yang akan dilakukan terhadap blog meliputi jadwal postingan, tema/topik, kategori/label, goals dan lain sebagainya. Konsep blog plan bisa dikatakan mirip dengan daftar belanja yang ditulis ketika hendak ke supermarket. Daftar tersebut berisi barang apa saja yang akan dibeli. 

Sedangkan blog plan berisi daftar tindakan apa saja yang akan dilakukan terhadap blog. Daftar tersebut bisa disusun dalam kurun waktu harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Jadi, pemilik blog atau blogger akan lebih mudah mengelola blog sesuai dengan blog plan yang sudah dibuat. 

Untuk menjadi blogger profesional tentu harus bisa bertindak secara profesional. Jangan ngeblog asal-asalan dan tergantung mood seperti artikel Saya tentang Skincare Routine yang jarang posting. Seharusnya bisa membuat blog plan berupa  rencana harian, mingguan, maupun tahunan. Tidak perlu semuanya, disesuaikan saja dan yang paling penting harus konsisten. 

Membuat Blog Plan Tahunan dan Harian

Nah, kira-kira inilah blog plan harian dan rencana satu tahun ke depan yang sudah Saya susun.

Pentingnya Membuat Planning Blog Harian

Berikut ini rencana tahun 2022 terhadap blog Obrolanku.com yang menjadi prioritas Saya.

  1. Lebih rutin memposting artikel di blog, minimal 2x dalam satu minggu
  2. Sering ikut lomba blog setiap bulan, paling tidak bisa menang 1x di tahun 2022
  3. Belajar tentang blogging dengan mengikuti kelas/weinar sehingga bisa upgrade skill
  4. Tingkatkan kinerja blog dan menerapkan optimasi SEO yang sudah dipelajari
  5. Harapannya trafik blog naik , DA meningkat dan tidak turun lagi

Seain itu, Saya juga berencana meluruskan kategori atau topik yang akan dibahas di blog ini. Selama ini Saya menulis blog asal-asalan dan topiknya juga random sampai akhirnya tidak beraturan dan tidak jelas arahnya. Nah, supaya lebih jelas berikut ini 5 kategori blog yang akan terus Saya kembangkan. Juga Saya sematkan contoh artikelnya, teman-teman suka topik yang mana nih?

Pentingnya Membuat Rencana atau Planning Blog

Buat Rencana Postingan Blog Supaya Tidak Keteteran

Jadi ini lho manfaat membuat blog plan, pahami dulu ya.

1. Blogger dapat melihat lebih luas dan lebih jauh untuk bisa membuat planning jangka pendek maupun jangka panjang

2. Membantu blogger lebih konsisten membuat postingan blog karena sudah ada perencanaan yang matang

3. Tidak ada kata buntu ide karena semua sudah masuk blog plan, sehingga kualitas postingan meningkat dan kinerja blog pun semakin baik 

4. Sebagai tolak ukur evaluasi kinerja blog, evaluasi bisa dilakukan setiap minggu, per bulan atau per tahun

Tak hanya itu, setelah membuat blog plan Kita juga perlu saran dan masukan dari orang lain seperti keluarga atau teman dekat. Saya dan teman-teman blogger juga saling tukar blog plan supaya dapat komentar dari sudut pandang masing-masing. 

Untuk tugas kali ini Saya dikelompokkan dengan 5 blogger yang lebih senior dari Saya baik dari segi umur pribadi maupun umur blog. Mbak-mbak ini aktf banget di grup kelompok, saling share kendala  masing-masing dan sebisa mungkin membantu teman satu kelompok. Sepertinya hanya Saya yang kurang aktif karena sedang terserang flu juga, jadi lebih banyak dibantu sama mereka.

Senang sekali punya teman satu kelompok yang saling support, sering mengingatkan satu sama lain. Semoga bisa bertahan sampai akhir. Komentar mereka mengenai blog plan Saya akan dituliskan di bawah ini. Link blog-nya juga Saya sematkan supaya teman-teman bisa berkunjung.

>> Kak Novia

Hal pertama yang menjadi point of interest dari blog plan yang Saya buat adalah desainnya. Hampir semuanya notice dengan desain warna kuning dan cerah. Begitu pula menurut Kak Novia, "desainnya cerah, Aku suka kombinas warnanya". 

>> Kak Qoty

Kali ini blog plan Saya dkomentari oleh Kak Qoty, senior blogger yang sudah terbiasa menghandle beberapa blog, wah keren banget sih. Menurutnya, blog plan yang Saya buat sangat lengkap dan menarik apalagi dari segi warnanya. Sengaja memang Saya buat demikian supaya lebih semangat. Untuk deadline postingan Saya beri warna kuning agar lebih mencolok.

>> Kak Devi

Kak Devi juga sama dengan Kak Qoty, suka dengan desain blog plan Saya yang 'eye catching'. Selain itu, isinya juga singkat dan to the point. Ini juga penting banget sih untuk yang mau membuat blog plan Saya rasa tidak perlu ditulis panjang lebar,  singkat saja yang penting paham maksudnya.

>> Kak Wiwid

Masih sama dengan komentar Kak Qoty dan Kak Devi tentag desain blog plan Saya yang menarik perhatian. Mungkin karena Saya paling junior dan paling muda di kelompok ini, jadi desain blog plannya juga ceria kayak anak kecil ya. Hehehe

>> Kak Hydriani

Menurut Kak Hydriani atau Mbak Yanie untuk blog plan Saya sudah cukup jelas seperti posting blog, edit gambar dan lain-lain. Mbak Yanie juga mengatakan bahwa optimasi SEO menjadi prioritas utama dalam ngeblog, itulah sebabnya Saya masukkan ke dalam blog plan 2022. Beliau yakin Saya bisa menjadi blogger profesional jika terus rutin menulis dan mengikuti lomba blog. Terimakasih.

Jadi, Blogger Perlu Rencana dan Time Management yang Bagus

Dalam rangka mengembangkan blog, Saya harus lebih rutin posting seperti kategori Shinbi House. Selain itu, juga perlu buat plan ikut event/lomba, optimasi SEO blog dan evaluasi kinerja blog. Saya merasa sangat perlu membuat blog plan agar tidak salah jalan, artinya supaya tetap berada di jalur aman sesuai dengan tujuan awal membuat blog. 

Dengan adanya blog plan, sebagai blogger Saya juga bisa mengasah kemampuan manajemen waktu. Bagaimana pun caranya blog plan ini harus bisa dilakukan dan diselesaikan sesuai jadwal. Sebelumnya Saya benar-benar merasakan banyak kebimbangan ketika menjalankan blog karena di awal masih bingung mau dibawa ke mana arah blog ini. 

Tetapi setelah banyak bertukar pendapat dengan teman-teman blogger, ikut kelas BRT Network dan coba-coba ikut lomba, akhirnya Saya mulai bisa menemukan apa yang Saya mau. Setahun belakangan ini Saya juga lebih niat ngeblog dan alhamdulillah bisa menghasilkan. Ke depannya Saya harus lebih ketat serta rutin membuat postngan dan evaluasi kinerja blog.


17 Komentar

  1. jangan lupa bikin weekly planner pekan depan ya ciii

    BalasHapus
  2. Ternyata jadi blogger yang yang baik dan profesional aku pribadi masih banyak peer nya....
    Ngga kepikiran bikin plan plan begitu. Terimakasih sharingnya mbk... jadi terinspirasi

    BalasHapus
  3. Ya ampun saya sama sekali nggak pernah buat blog plan, jangankan plan untuk tahunan, bulananpun nggak pernah, sepertinya harus mulai disiplin ya bikin blog plan.

    BalasHapus
  4. duh ingin banget ikut kelas BRT Network

    sayang gak lolos

    banyak banget manfaat kelas BRT Network, agar sebagai blogger kita bisa naik kelas

    BalasHapus
  5. Semoga dimudahkan dalam menjalankan blog plannya ya, mbak. Sukses dan berkah selalu. Semangat belajarnya dan bisa bertahan hingga akhir

    BalasHapus
  6. Dengan blog plan maka semua aktivitas blogging jadi lebih terarah ya kak. Infonya pasti bermanfaat agar ngeblog makin produktif ya memang harus ada blog plan. Jadi bisa tahu kekurangan dan kelebihan yang harus terus ditingkatkan.

    BalasHapus
  7. PR buat semua blogger ini mbak, dengan blog plan jadi selalu inget apa yang harus kita lakuin agar blog kita semakin eksis

    BalasHapus
  8. Waah lengkap nih mba blog plannernya..aku agak deg-degan masukin target menang lomba blog karena masih taraf belajar ikutan lomba blog. Btw mbak Silvy penyuka shinbi's house kah? Hehe, aku mengikuti ceritanya karena anak-anak suka nonton

    BalasHapus
  9. Aku juga pakai blog plan kak. Tapi so far, masih menggunakan sticky note. Belum yang pro hehe

    BalasHapus
  10. Kalau lagi kekumpul banyak ide, ini jadi momen untuk bikin perencanaan blog ya. Dengan begitu bisa eksekusi kapan aja

    BalasHapus
  11. Akhir tahun saat yang tepat menyusun blog plan ya kak
    Moga semua blog plannya terwujud ya..
    Sukses selalu kak

    BalasHapus
  12. Mau buat blog plan sedetail itu biar keliatan progressnya ya ka

    BalasHapus
  13. Bikin blog plan ini memudahkan kita untuk menulis ide postingan harian jadi gak keabisa ide duluan yaaa, nice tips nih

    BalasHapus
  14. ah iya, blog plan tu penting banget ya mbak
    biar bisa fokus dan konsisten nulis blognya

    BalasHapus
  15. Dengan pakai blog plan ngeblog jadi lebih terarah dan tahu apa yang akan kita sampaikan dengan baik tentunya

    BalasHapus
  16. Mantap, Mbak. Aku suka dengan gambar-gambarnya, unik.
    Setuju banget, blog plan dapat membuat tulisan-tulisan di blog kita jadi lebih terarah.

    BalasHapus
  17. Wah pas ni awal tahun, saatnya membuat blog plan dari ilmu yg dibagikan teman2. Bismillah mencoba.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama